pamutu

pamutu
Headlines News :
Home » , » JANGAN LUPAKAN SEJARAH (JAS MERAH)

JANGAN LUPAKAN SEJARAH (JAS MERAH)

Written By achi proletar on Friday 29 November 2013 | Friday, November 29, 2013

JANGAN LUPAKAN SEJARAH (JAS MERAH)

batetangnga/kanang terdapat beberapa tempat yang bersejarah yang sampai sekarang masih ada.

tahun 2008, Mahasiswa Desa Batetangnga melakukan expedisi untuk mendatangi beberapa batu yang bersejarah itu seperti gunung Eran Batu, gunung Sumandilo, gunung Mioli, gunung Mappiranggi, batu Millepa, batu Pakkambungan.

Eran batu, batu Pakkambungan terletak di-Desa Batetangnga sedangkan gunung Sumandilo, gunung Mioli, gunung Mappiranggi dan batu Milepa terletak di Desa Kaleok.

perlu diketahui bahwa Desa Kaleok, dulunya masuk wilaya Desa Batetangnga sewaktu Mahasiswa melakukan Exspedisi pada saat 2008 tahun lalu tapi sekarang Kaleok sudah dimekarkan dan menjadi Desa juga.

Tato, Takumba dan Tapengo adalah nama yang sangat dikenal dalam masyarakat Desa Batetangnga karena dari 3 nama tersebut adalah tokoh sejarah yang gagah beraninya melawan musuh - musuhnya.

untuk lebih mengenal sejarah singkat tentang perjuangan Nene'ta yang dulu, masih ada salah satu orang tua yang mengetahui sejarah itu adalah H. Saraila. bukan hanya beliyau tapi dikalangan pemuda dan pelajar sudah ada yang mencobah menggali sejarah tersebut
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

7 November 2020 at 19:45

Pakumba'dan Tapengo' itu berasal dari pegunungan Simbuang tua wilayah yang masuk kabupaten tanah toraja sekarang. Dua orang itu populer diceritakan oleh orang-orang tua sampai sekarang. Setelah menundukkan wilayah Pana'(mamasa)Pakumba'bersama Tapengo'di utus untuk melawan musuh-musuh orang Batu yang berasal dari Dambu dalam sekejap dua orang itu berhasil memenangkan Perang.

Kampung dan bendah pusaka dua orang itu masih ada disana

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Imformasi Seputar Batetangnga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger