pamutu

pamutu
Headlines News :
Home » » Ketika Penanian Desa Batetangnga, Kab. Polman Kembali ditimpah Banjir Musiman Dari Uapan Sungai Binuang

Ketika Penanian Desa Batetangnga, Kab. Polman Kembali ditimpah Banjir Musiman Dari Uapan Sungai Binuang

Written By Unknown on Thursday 5 December 2013 | Thursday, December 05, 2013

Ketika Penanian Desa Batetangnga, Kab. Polman Kembali ditimpah Banjir Musiman Dari Uapan Sungai Binuang
Oleh
Musawwir,
Mahasiswa Universitas Al-Asy'ariah Mandar
Jurusan : Pemerintahan
Tetala : Penanian, 11-11-1992
Organisasi : LPB
Wartawan  Imformasi Seputar Batetangnga



Penanian, 5-12-2013,  Desa batetangnga kab. Polman
 
Telah kembali terjadi banjir yg sangat besar dan termasuk banjir urutan ke-empat [4] dari 5 tahun yang silam, dimana air sungai Binuang meluap hingga ke kampung tepatnya pada Dusun Penanian. Meskipun sebelumnya telah di adakan normalisasi sungai atau yang kita kenal dengan perluasan sungai sepanjang 5 km dari ujung sungai dengan maksud ketika banjir terjadi maka air yang kita lihat selama ini selalu menggenangi pemukiman warga tidak akan terjadi lagi, tapi ternyata sampai sekarang kejadian itu kembali terulang lagi.
Adapun dampak negatip yang  dirasakan oleh warga Dusun Penanian ialah ketika persawahan digenangi air yg cukup dalam yg katanya dapat merusak tanaman padi di sawah, selain itu juga yang sangat dirasakan warga terjadinya erosi pada pinggiran sungai yang dapat mengancam pemukiman warga. Meskipun banjir yang selama ini mengancam warga Dusun Penanian sering terjadi tapi semua itu hanyalah menjadi kenangan pahit dalam kehidupan mereka karna bagai manapun upaya pemerintah dalam mengatasi keadaan ini tetap saja tak pernah berhasil. 

Yang patut di sukuri oleh seluruh warga dusun penanian sampai saat ini karna pemerintah juga tak henti-hentinya memasukkan bantuan pada dusun penanian dalam upaya penanggulangan banjir meskipun sedikit demi sedikit seperti yang baru-baru ini pemerintah kab.polewali mandar telah kembali memasukkan bantuan kepada masyarakat Dusun Penanian yang berupa penahanan air yang dapat menimbulkan erosi pada pinggiran sungai [TANGGUL]. 

Harapan masyarakat Dusun Penanian kedepannya ialah semoga saja banjir yang selama ini mereka rasakan tak terulang lagi dan semoga saja Pemerintah setempat juga tak henti-hentinya memberi bantuan pada masyarakat setempat, meskipun banjir ini sering terjadi ketika memasuki musim penghujan seperti yang kita rasakan pada saat ini. 

Mengapa dikatakan banjir musiman karna setiap memasuki musim penghujan maka terjadilah banjir baik dalam skala besar ataupun kecil, menurut salah seorang warga ketika banjir kembali terjadi maka semua warga hanya menganggap biasa-biasa saja karna memang dari dulu sampai sekarang genangan air yang menggenangi pemukiman warga itu telah terjadi meskipun kerugian dalam setiap kejadian selalu dirasakan oleh warga Penanian.

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Imformasi Seputar Batetangnga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger