pamutu

pamutu
Headlines News :
Home » , » TERBANGUNYA JEMBATAN YANG MENGHUBUNGKAN DUSUN PENANIAN DENGAN BUTTU TULIAN

TERBANGUNYA JEMBATAN YANG MENGHUBUNGKAN DUSUN PENANIAN DENGAN BUTTU TULIAN

Written By Unknown on Friday 13 December 2013 | Friday, December 13, 2013

TERBANGUNYA JEMBATAN YANG MENGHUBUNGKAN DUSUN PENANIAN DENGAN BUTTU TULIAN
oleh Musawwir

Pada tahun 2010 Dusun penanian terpilih untuk pembangunan jembatan gantung yang luasnya 1,5 meter dan panjang sekitar 20 meter, yang menghubungkan Dusun penanian dengan Buttu Tulian. Program pembangunan jembatan ini dikeluarkan oleh PNPM Mandiri Kec. Binuang Desa Batetangnga. Jembatan ini sengaja dibangun untuk kelancaran perekonomian masyarakat khususnya di Dusun penanian dan Desa Batetangnga pada umumnya.
                

 Dampak positif yang dirasakan pada masyarakat  setelah jembatan ini difungsikan sangatlah terasa di kalangan masyarakat yang pekerjaanya memang pada lahan pertanian, baik petani yang ada pada lahan sawah ataupun petani yang ada pada lahan kering [perkebunan]. Yang dulunya petani mebawa hasil panen mereka dengan cara berjalan kaki akibat melintasi sungai yang sangat dalam kini berubah menjadi mengendarai roda dua pada umumnya. Kini petani benar-benar semangat dalam mengelola lahan mereka masing-masing karna ia merasa sesuatu yang dulunya sangat jauh kini sudah terasa dekat, mengapa dikatakan demikian  karna seblum jembatan gantung itu terbangun para petani hanya bisa berjalan kaki dan melintasi sungai yang sangat dalam untuk dapat menembus sawah dan perkebunan mereka. Jembatan ini benar-benar dipungsikan dan sangat dibutuhkan oleh para petani pada umumnya.

                Adapun dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat setempat utamanya pada kaum wanita/ibu-ibu rumah tangga ialah kekhawatiran telah lenyaplah sudah baik dari kekhawatiran terjadinya banjir yang dapat menghalang maupun kekhawatiran dalam membawa seikat kayu bakar dengan cara memikul dan berjalan kaki. Mengapa dikatakan demikian karna telah kita ketahui bahwa pada umumnya masyarakat setempat menggunakan alat memasak yang menggunakan kayu bakar jadi setiap harinya ibu-ibu rumah tangga hanya bisa mendapatkan kayu bakar dengan cara mencarinya pada area perkebunan yang ada di Buttu Tulian pada umumnya.

                Yang patut disyukuri hingga saat ini karna jembatan itu masih dalam keadan baik dalam artian belum terlihat tanda-tanda kerusakan pada bangunan jembatan ini. Masyarakat penanian  benar-benar menjaga dan merawat jembatan ini karna ia merasa bahwa jembatan ini adalah salah satu faktor utama   dalam mendukung  pengembangan pertanian dan perkebunan disekitar Buttu Tulian. Harapan para petani dan masyarakat Dusun penanian pada umumnya ialah smoga saja pihak pemerintah setempat tak henti-hentinya memberi/memasukan bantuan untuk Dusun Penanian pada umumnya dan masyarakat setempat juga berterima kasih kepada pihak PNPM Mandiri yang telah membantu meningkatkan penghasilan yang tinggi pada pengembangan pertanian yang ada pada Buttu Tulian dan sekitarnya dengan cara memasukkan pembangunan jembatan yang kini dapat kita lalui dengan cara berkendaraan roda dua atau berjalan kaki ketika kita hendak menempuh area persawahan atau perkebunan.  

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Imformasi Seputar Batetangnga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger