pamutu

pamutu
Headlines News :
Home » » Terkait Usulan Pemekaran Desa

Terkait Usulan Pemekaran Desa

Written By achi proletar on Monday 16 December 2013 | Monday, December 16, 2013


Ditulis pada

Komisi I Dukung Pemekaran Rappoang
Oleh : Jhamhur Anjasmara
POLEWALI — Komisi I DPRD Polewali Mandar mengapresiasi lolosnya Rappoang dalam verifikasi administrasi calon desa bersama Dusun Passembaran. Kedua wilayah nantinya menjadi pemekaran dari Desa Batetangnga Binuang.
Ketua Komisi I Fariduddin Wahid mengatakan dua dusun yang akan dimekarkan menjadi desa baru. Hal ini berdasarkan usulan yang masuk di
Komisi I DPRD Polewali Mandar beberapa waktu lalu. Ini akan memberikan ruang mekarnya Desa Batetangnga menjadi kecamatan baru di Polewali Mandar. Apalagi ditambah pemekaran dusun Tandakan Desa Mirring dan Dusun Sarampu Desa Kuajang.
“Olehnya kalau memang Rappoang dan Passembaran layak dimekarkan terlebih syarat administrasinya terpenuhi. Maka kami sangat mengaprsiasi keduanya untuk dimekarkan, bersama Tandakan dan Sarampu,” tutur Fariduddin.
Katanya, bila keempat calon desa tersebut dapat mekar menjadi satu desa baru. Secara otomatis Binuang memiliki peluang dimekarkan menjadi dua kecamatan. Sebab secara keseluruhan pecahan Desa Batetangnga sudah mencukupi syarat pemekaran kecamatan nanti.
“Makanya Rappoang juga tetap menjadi prioritas pemekaran desa kedepan. Jika keran moratorium sudah dibuka. Sebab saat ini baru lolos secara administrasi,” kata Fariduddin.
Kepala Desa Batetangnga, Sumaila Damang, ketika menemui Ketua Komisi I, menyatakan bahwa penolakannya terhadap pemekaran Rappoang menjadi desa, bukan penolakan harga mati. Kesimpulan penolakan tersebut adalah merupakan upaya untuk mendorong secara bersama sama usulan pemekaran yang datang dari Batetangnga.
“Jadi menolak iya, itu kalau kemudian Passembaran juga tidak ikut dimekarkan. Sehingga kami kuatir jika Rappoang dimekarkan, sementara Passembaran tidak dimekarkan. Maka akan menimbulkan masalah baru, sebab Passembaran memang merupakan pengusul pertama yang kami rekomendir,” terang Sumaila.
Ia menyatakan dengan tegas, bahwa dalam rangka mempercepat terbentuknya Kecamatan Batetangnga, maka Passembaran dan Rappoang harga mati yang harus dimekarkan. “Makanya, saya menegaskan, menolak kalau hanya Rappoang yang dimekarkan. Passembaran juga harus mekar, agar kami juga dapat mekar menjadi kecamatan baru,” kunci Sumaila. (*)

Sumber : Persepsi Ideologi
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Imformasi Seputar Batetangnga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger