pamutu

pamutu
Headlines News :
Home » » Sejarah Singkat Berdirinya MTs DDI Kanang

Sejarah Singkat Berdirinya MTs DDI Kanang

Written By Unknown on Tuesday 10 December 2013 | Tuesday, December 10, 2013

Sejarah Singkat Berdirinya MTs DDI Kanang 
oleh 
Nurdiansyah

Desa Batetangnga adalah merupakan sentral ekonomi kecamatan Binuang dengan penghasilan warganya dari pertanian seperti sawah, kakao serta buah-buahan (langsat, durian dan rambutan), sehingga alam yang luas dan tanah yang subur serta lingkungan yang asri menjadikan desa Batetangnga menjadi salah satu tujuan wisata alam dan wisata buah-buahan.

Mata pencaharian warga Desa Batetangnga terdiri dari 75% petani dan PNS serta profesi lainnya 25 % dengan tingkat pendidikan rata-rata SMP, SMA dan Sarjana keatas, bahkan desa tersebut terkenal dengan istilah Kampung Sarjana atau desa pendidikan dan desa religius karena kepedulian orang tua akan pendidikan dan agama islam.

Dengan mempunyai jumlah penduduk yang sangat banyak dimana dari tahun ketahun jumlah penduduk yang ada dalam Desa Batetangnga semakin meningkat sampai pada hari ini. Sehingga lembaga pendidikan sangat di butuhkan dalam Desa Batetangnga sendiri dari melihat populasi dan kondisi diatas yang sangat memungkinkan maka lahirlah sekolah ini.

MTs DDI Kanang adalah satuan pendidikan yang terdapat di dalam Struktur Pondok Pesantren DDI Al-Ihsan Kanang yang membina madrasah mulai dari tingkat Raudlatul Atfal yang dikenal dengan taman kanak-kanak, Madrasah Ibtidayyah (MI), MTs dan MA yang terletak di sebuah desa dengan nama Desa Batetangnga Kecamatan Binuang, yang berjarak kurang lebih 7 km dari ibu kota Kabupaten Polewali Mandar dan kurang lebih 204 km dari kota Mamuju sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi Barat.

MTs DDI Kanang yang didirikan pada tahun 1965 yang merupakan kelanjutan dari satuan pendidikan tingkat Madrasah Ibtidayah yang ada dalam struktur Pondok Pesantren DDI Al-Ihsan Kanang Desa Batetangnga Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar. Sejak berdirinya sekolah ini dipimpin oleh H. Nota dan sekalligus salasatu penggagas terbentuknya sekolah ini. Sebelum sekolah ini dinamai MTs DDI Kanang dahulunya bernama sekolah Diniyah atau biasanya masyarakat Desa Batetangnga menyebutnya sekolah arab.

Dampak yang besar bagi Desa Batetangnga semenjak lahirnya sekolah ini adalah Desa Batetangnga dapat berapiliasi menjadi Desa regelius yang sangat dikenal banyak masyarakat luar dan sekolah ini bermisikan dan bervisikan :
A. VISI MADRASAH :
”Unggul dalam Mutu, Berlandaskan Iman dan Taqwa”

B. MISI MADRASAH :
”Disiplin dalam Kerja, Mewujudkan Manajemen Kekeluargaan, Kerjasama, Pelayanan Prima dengan Meningkatkan Silaturrahim”

Di setiap kerja komunitas pendidikan, kami selalu menumbuhkan disiplin sesuai aturan bidang kerja masing-masing, saling menghormati dan saling percaya dan tetap menjaga hubungan kerja yang harmonis dengan berdasarkan pelayanan prima, kerjasama, dan silaturrahmi. Penjabaran misi di atas meliputi:
1. Menyelenggarakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif untuk mengoptimalkan potensi dan prestasi akademik siswa;
2. Mendorong dan membantu siswa dalam mengenali dirinya dalam upaya peningkatan prestasi non akademik yang meliputi prestasi dalam bidang olah raga, seni dan keterampilan;
3. Mengembangkan sikap dan perilaku seluruh warga madrasah sebagai cermin luhurnya budi pekerti;
4. Mengembangkan usaha untuk membudayakan kegiatan dalam rangka penciptaan akhlak mulia bagi seluruh warga madrasah;
5. Penumbuhan, peningkatan, penghayatan dan pengamalan terhadap nilai-nilai keimanan dan ketakwaan sesuai dengan ajaran agama;
6. Meningkatkan dan mengembangkan kegiatan keagamaan dalam upaya peningkatan iman dan taqwa.

Sejaka sekolah ini didirikan pada tahun 1965 telah dipimpin oleh :
1 H. Nota D
1965 s/d 1992 27 Tahun

2 H. Abd. Muin P
1992 s/d 1995 3 Tahun

3 H. Abd. Salam

1995 s/d 1999 4 Tahun
4 Drs. Adnan Nota, M.A

1999 s/d 2003 4 Tahun
5 Muhdin, S. Ag
2003 s/d 2005 2 Tahun

6 Rati Samada, S. Pd. I
2005 s/d 2008 3 Tahun
7 Drs. Manju, M. Pd. I
2008 s/d 2011 4

8 M. Saleh, S. Pd. I
2011 s/d sekarang
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Imformasi Seputar Batetangnga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger